SOSIOLOGI ITU MERAKYAT Oleh Rizki M Saputra*

on Sabtu, 16 Januari 2010

Siapa bila Ilmu Alam paling keren? Kata siapa anak sosial gak care? Mana buktinya.....
Karena gengsi para siswa biasanya berani mengucapkan seperti itu. Anak sosial itu gak gaul, gak mau mikir lain dengan Ilmu Alam. Memang kebanyakan orang yang memanggap ilmu sosial itu hanya dengan teori-teori kayak gak da kerjaaan pake teori aja padahal kan perlu ada praktik yang nyata. Itu dari pandangan orang memang berbeda-beda.
Nyatanya dibumi ini yang menguasai juga anak sosial misal ekonomi dunia yang mempelajari kan anak sosial juga kan, masyarakat juga anak sosiologi yang mepelajari. Namun semua tidak terlepas juga dengan ilmu-ilmu yang lainnya karena keutuhan dunia juga karena adanya ilmu-ilmu lainnya bukan saja ilmu alam maupun ilmu sosial saja.
Sosiologi apaan ya??Hmmmm
Sebagaia awalan saya akan menjelaskan sekilas tentang sejarah sosiologi itu lahir kedunia, yang fana ini
Pada awalnya sosiologi itu diperkenalkan oleh Ibnu Kaldun, ilmuawan dari Tunisai kemudian muncul dari ilmuwan prancis yang sempat dikatakan gila oleh orang-orang disekitarnya pada. Beliau adalah Aguste Comte yang sampai sekarang disebut-sebut sebagai bapak sosiologi. Sosiologi pada saat itu dikatakan sebagai fisika sosial. Lah kok bisa?..ya bisa lah kita gitu loh. Kemudian menjadi socio/ socius artinya kawan atau masyarakat dan Logos artinya ilmu. Jadi bisa dikatakan sosiologi itu ilmu yang mempelajari tentang masyarakat baik di dalam masyarakat keluarga maupun masyarakat luas.
Ya memang Comte ini berasal dari orang sains sehingga semua istilah yang ada disosiologi masih menggunakan istilah sains. Sampai-sampai Comte mengatakan kalau sosiologi itu biologi sosial karena masyarakat dianggap sebagai organisme yang selalu ada dengan yang lain dan membutuhkan orang lainnya demi untuk melanjutkan kehidupannya.
Sebenarnya bukan hanya Comte saja yang menjadi tokoh sosiologi yang berasal dari sanis masih banyak yang menyumbangkan hasil pemikiranya untuk ilmu sosiologi sampai sekarang.
Masalah sosial yang ada di masyarakat sebanrnya merupakan inti pokok kajian dari sosiologi seperti saat ini masalah dari Bank Century ada perdebatan maka itu merupakan konflik dan konfik nanti ada pemecahan masalah. Baik disadari atau tidak, senang atau tidak senang dengan sosiologi namun kita dibumi telah melakukan apa yang ada dikonsep oleh ilmu sosiologi. Jadi kalau ditanya seberapa seh eksisnya ilmu sosiologi dibandingkan dengan ilmu sosial dan sians lainya. Kalau menurut saya sosiologi itu ada didalam keduanya, baik sosial maupun sains.
Jadi kalau orang-orang bilang gak kenal apa yang ada di bahas dalam ilmu sosiologi gak tau itu mustahul karena mereka sudah semuanya menggunakan konsep dari sosiologi. SOSIOLOGI IS THE BEST
*Mahasiswa Sosiologi FISE UNY

0 komentar:

Posting Komentar